Demam setelah vaksin memang umum terjadi, menjadi salah satu respon tubuh terhadap suntikan. Namun, jika hal tersebut dialami oleh anak, orang tua tidak boleh khawatir berlebihan. Hal ini disebabkan karena demam setelah vaksin pada anak bisa diatasi dengan mudah.

3 Cara Mengatasi Demam Setelah Vaksin Pada Anak

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi demam pada anak yang terjadi setelah vaksin. Setidaknya dengan melakukan tiga upaya tersebut bisa meminimalisir demam pada anak. Selengkapnya berikut ini beberapa cara tersebut.

  1. Gunakan Pakaian Tipis

Banyak orang yang mengira jika saat anak sakit terutama demam harus diberikan jaket dan selimut tebal. Padahal cara tersebut tidak dianjurkan, karena hanya akan memperparah demam pada anak dan tidak kunjung sembuh.

Cara pertama yang harus diterapkan untuk mengatasi demam pada anak setelah vaksin yaitu mengenakan pakaian tipis. Begitu juga sebaliknya, justru pakaian tebal lainnya dapat menghambat proses pengeluaran panas pada tubuh.

  1. Kompres Hangat

Kompres hangat juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi demam setelah vaksin pada anak. Perlu diketahui jika kompres hangat mempunyai manfaat yang cukup besar yaitu lama buat pembuluh darah pada permukaan kulit bisa semakin lebar.

Tentunya jika kita pembuluh darah semakin lebar, akan lebih mudah lagi suhu panas pada tubuh keluar. Bahkan, pemberian kompres juga akan menyebabkan keringat keluar, sehingga bisa lebih cepat mengatasi demam.

  1. Berikan Obat Penurun Panas

Cara lain yang bisa diterapkan untuk mengatasi demam setelah vaksin yaitu memberikan obat khusus. Obat yang diberikan kepada anak harus sesuai dengan resep atau saran dokter. Jadi, jangan terburu-buru membeli obat secara sembarangan.

Perlu untuk di hati-hati karena obat yang dikonsumsi tanpa konsultasi dengan dokter bisa menyebabkan demam semakin parah. Bahkan, bisa saja obat tersebut tidak sesuai dengan dosis tubuh dan tentu bisa membahayakan.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai beberapa cara mengatasi demam pada anak setelah melakukan vaksin. Jadi, saat anak demam setelah vaksin Jangan khawatir, segera terapkan beberapa cara tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.