Pascameninggalnya Mantan Bupati Yahukimo yang merupakan Ketua DPW Partai PAN Papua, Abock Busup membuat situasi Distrik Dekai Ibu Kota Kabupaten Yahukimo Provinsi Papua mencekam. Berdasarkan informasi seorang warga, Dewi Puspitasari, seribuan orang yang diduga pendukung almarhum Abock Busup sudah melakukan pelemparan bahkan telah membakar rumah dan ruko. "Mereka sudah bakar rumah warga dan ruko," ucapnya dalam pesan singkatnya, Minggu (3/10/2021) siang.

Ia pun menjelaskan telah terdengar bunyi tembakan dari aparat. "Sudah bunyi tembakan dari tadi," jelas. Ditanya soal kondisi, ia belum bisa menjelaskan hal itu, mengingat dirinya kini terjebak di dalam rumah.

"Saya tidak tahu di luar seperti apa, tapi dilihat dari jendela di samping sudah ada rumah dan ruko dibakar," bebernya. Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri ketika dihubungi, belum bisa memberi komentar mengingat dirinya sedang melakukan pengawalan terhadap Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). "Sabar ya, saya masih dengan pak Jokowi, nanti saya telepon," bebernya. Sementara itu Dandim 1715 Yahukimo, Letkol Cristian Irreuw ketika hubungi melalui sambungan telepon seluler, belum bisa menjelaskan situasi saat ini di Dekai.

"Saya besok baru naik, untuk situasi saya akan komunikasi dengan Kapolres di sana," bebernya. Diketahui MantanBupatiYahukimo Abock Busup ditemukan meninggal dunia di dalam kamar hotelnya di kawasan Jakarta, Minggu (3/10/2021) pagi Berdasarkan informasi, dirinya didapati dalam kondisi kaku dengan kondisi sudah tidak bernyawa oleh petugas hotel ketika membuka paksa pintu kamar yang ditinggali Abcok Busup.

Kabar meninggalnya Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Papua, Abock Busup di Jakarta, Minggu (3/10/2021) dengan cepat beredar melalui pesan singkat. Mantan Bupati Yahukimo periode 2016 hingga 2021 itu dikabarkan meninggal dalam kondisi terbujur kaku di dalam kamar hotel yang ia tempati. "Iya benar, bapak meninggal di Jakarta.

Kami kaget dan tak percaya kepergiannya," kata Nunung lewat telewicara. Dia menyebut, Abock Busup selama ini tidak mempunyai riwayat sakit serius, dan selalu ceria baik dalam kerja partai mau pun kesehariannya. "Pintu kamarnya diketok dan didobrak gak dijawab, lalu setelah dibuka petugas hotel, bapak ditemukan terbujur kaku," jelasnya.

Sementara, kunjungan Abock Busup ke Jakarta untuk urusan internal partai. Abock dalam kunjungannya didampingi sejumlah pengurus DPW PAN Papua. Hanya, belum diketahui penyebab utama meninggal politisi asal partai berlambang Matahari Terbit ini.

Termasuk juga belum diketahui kapan jenazah dibawa pulang ke Jayapura. "Anggota masih urus bapak di Jakarta. Kita doakan secepatnya selesai semua dengan lancar," ucap Nunung, bersedih. Hingga berita ini ditayangkan, kondisi keamanan di Dekai, KabupatenYahukimo mencekam.

Masyarakat yang tak terima kepergian Abock Busup secara mendadak melakukan pembakaran sejumlah rumah. Asap membumbung tinggi hingga membuat masyarakat pendatang ketakutan. Aparat keamanan pun berupaya meredam situsai agar tak melebar.

Kabar duga itu juga diakui Ketua Umum DPP PAN, Zulkifi Hasan mengaku sangat kehilangan kader terbaiknya di Bumi Cenderawasih ini. "Partai Amanat Nasional (PAN) sekali lagi kehilangan salah satu kader terbaiknya. Telah berpulang kawan seperjuangan kami,KetuaDPWPANPapua, mantan Bupati Yahukimo, SaudarakuAbockBusup, karena sakit," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kepada wartawan, Minggu (3/10/2021).

Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan, menyebut kabar meninggalnya Abock Busup datang ketika mereka hendak melaksanakan bimbingan teknis untuk seluruh ketua DPW DPD PAN dan anggota Dewan. "Kabar duka ini datang saat kami hendak melaksanakan kegiatan Bimtek PAN bersama seluruh ketua DPW dan DPD serta anggota DPR RI, provinsi, hingga kota/kabupaten se Indonesia," kata Zulhas. Zulhas menyebut sejatinya diriya hendak bertemu denganAbock Busupdi acara tersebut.

Zulhas menyatakan PAN sangat berduka dengan kepergianAbockBusup. "Sedianya kami akan bertemu dengan mendiang Saudaraku Abock dan kawan kawan seperjuangan lain dari Papua di acara tersebut. Kini kami hanya bisa mendokan beliau dengan rasa kehilangan yang mendalam. Mohon doa dari semuanya," kata Wakil Ketua MPR RI itu.

Kericuhan yang terjadi di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo menewaskan sejumlah orang. Saat ini, total ada enam orang meninggal dunia. Informasi yang diterima, jenazah keenam orang tersebut saat ini disemayamkan di RS Yahukimo. Salah satunya adalah pelaku. Sedangkan warga yang mengalami luka saat ini ada 41 orang.

Mereka mendapatkan perawatan di RS Yahukimo Untuk menghindari serangan susulan sekitar 1.000 orang mengamankan diri di Polres Yahukimo. Mereka terdiri dari bapak bapak, ibu ibu dan anak anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.