mandalika lombok

Sebagai pulau, Lombok memiliki banyak sekali pantai yang tersebar mengelilingi area pulau. Pantai-pantai cantik tersebut tentu memiliki pesonanya sendiri sehingga wajib untuk dikunjungi. Ada beberapa pantai dari berbagai wilayah yang patut untuk didatangi dan dinikmati panoramanya.

 

Penasaran apa saja? Simak ulasan berikut, yuk!

 

Pantai Senggigi

Bisa dikatakan pantai ini ikonnya Lombok. Pasalnya, pantai ini memiliki akses yang mudah ditempuh dengan berbagai transportasi. Tak hanya itu, pantai favorit turis ini memiliki ombak yang tinggi dengan air yang jernih. Cocok untuk para penyuka olahraga surfing. Bagi para pecinta olahraga lain seperti kano dan snorkeling, di pantai ini juga tersedia fasilitasnya. Jika ingin menikmati momen sunset, Pantai Senggigi menawarkan pemandangan yang memukau.

 

Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta ini bukan terletak di pulau Bali, melainkan di Lombok Tengah, tepatnya Mandalika. Panorama di Pantai Kuta sangat cantik karena dikelilingi perbukitan yang asri dan menakjubkan. Pantai ini juga terkenal dengan festival Bau Nyale atau berburu cacing laut pada bulan Februari sampai Maret. Bau Nyale sendiri sebenarnya adalah ritual untuk mengenang legenda Putri Mandalika yang lompat dari bukit lalu berubah jadi cacing laut. Jadi arti Mandalika pada nama pantai ini berasal dari legenda tersebut.

 

Pantai Tanjung Aan

Pantai cantik berpasir putih halus ini berada dalam KEK Mandalika Lombok. Lautnya berwarna turquoise dengan dua tekstur pasir yang berbeda membuat pantai ini unik dan patut dikunjungi. Yup, Pantai Tanjung Aan memiliki dua tekstur pasir yang berbeda, yaitu pasir putih halus pada sisi kanan pantai, lalu pasir bulat sebesar biji merica pada sisi kirinya. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang sehingga menjadikannya salah satu pantai unik yang ada di Lombok Tengah.

 

Pantai Sekotong

Jangan tertukar dengan nama minuman dari Jawa Barat, ya. Pantai ini berada di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Di sana, pengunjung dapat melihat padang lamun atau semacam ekosistem biota laut dangkal yang berada di sepanjang bibir pantai. Jika ingin menikmati alam yang lebih tinggi, pengunjung dapat menaiki bukit di Pantai Sekotong dan rasakan pengalaman yang berbeda.

 

Pantai Tanjung Ringgit

Pantai yang terletak di Lombok paling timur ini terdiri dari perbukitan karang yang tinggi dengan laut yang luas. Di seberang pantai ini, terhampar pulau Sumbawa dari kejauhan. Pada Pantai Tanjung Ringgit, terdapat beberapa peninggalan tentara Jepang saat Perang Dunia II. Pengunjung bisa melihat beberapa gua kecil tersembunyi dan meriam di balik semak-semak. Tak hanya itu, ada pula sumur air tawar yang berada di bawah tebing yang hanya dapat dicapai dengan cara menuruni tebing.

 

Jadi, pantai mana yang akan kamu kunjungi pertama kali?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.