Presiden Partai Demokrat Liberal (LDP) Fumio Kishida sekaligus Perdana Menteri Jepang ke 100 akan melantik kabinet kerja, Senin (4/10/2021) hari ini. Mereka yang masuk jajaran menteri adalah Hirokazu Matsuno dari Fraksi Hosoda selaku Ketua Sekretaris Kabinet, Koichi Hagiuda selaku Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI), Shunichi Suzuki penerus Menteri Keuangan Aso yang menjabat selama 9 tahun. Kemudian Seiko Noda (wanita) yang berjuang untuk pemilihan presiden diangkat sebagai menteri yang bertugas menurunkan angka kelahiran serta urusan revitalisasi daerah.

Awalnya ada 13 orang yang masuk jajaran kabinet Fumio Kishida. Masing masing Shigeyuki Goto diangkat sebagai Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan yang bertugas menangani virus corona, Daishiro Yamagiwa diangkat sebagai Menteri yang membidangi revitalisasi ekonomi, dan Noriko Horiuchi (wanita) yang dipilih oleh DPR tiga kali, diangkat sebagai menteri vaksinasi, ikut dalam fraksi Kishida. Takayuki Kobayashi, yang bertanggung jawab atas keamanan ekonomi.

Menteri ini untuk melihat dampak ekonomi atas ketegangan internasional antara China AS serta masalah internasional lainnya, agar dapat segera mengantisipasi ekonomi Jepang. Sedangkan menteri ekonomi (keuangan) fokus hanya ekonomi dalam negeri Jepang. Karen Makishima (wanita), Menteri Digital, juga telah terpilih tiga kali sebagai anggota DPR di Jepang.

Kosaburo Nishime kelahiran Okinawa, juga menjabat sebagai Menteri Negara Bagian Okinawa dan Wilayah Utara. Selain itu, Yasuyuki Kaneko, Menteri Dalam Negeri dan Komunikasi; Yoshihisa Furukawa, Menteri Kehakiman; Isao Yamaguchi, Menteri Lingkungan Hidup; Kosaburo Nishime, Menteri Rekonstruksi; dan Kenji Wakamiya, Menteri Expo (Expo Osaka 2025), juga masuk kabinet untuk pertama kalinya. Dari Dewan Penasihat, Shinsuke Suematsu akan ditunjuk sebagai Menteri Pendidikan, Jiro Kaneko sebagai Menteri Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, dan Satoshi Ninoyu sebagai Ketua Komisi Keamanan Publik Nasional (intelijen).

Selain itu, Tetsuo Saito telah ditunjuk sebagai Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata oleh Partai Komeito, dan Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi serta Menteri Pertahanan Nobuo Kishi (adik mantan PM Jepang Shinzo Abe) telah diangkat kembali. Total ada 20 menteri. Lalu Taro Aso apakah akan menjadi simbol saja sebagai Wakil PM Jepang, masih belum diketahui sampai pengumuman siang nanti. Pimpinan LDP Sanae Takaichi (wanita) sebagai Ketua Bidang Politik LDP bisa disejajarkan dengan jabatan Menteri.

Bila ditambahkan posisi di LDP dengan level menteri, baru ada 4 menteri wanita. Janji Kishida selama kampanye bahwa dia akan mengangkat 5 menteri wanita. Pengumuman resmi jajaran kabinet PM Jepang ke 100 ini akan diumumkan Senin (4/10/2021) siang nanti.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: [email protected] dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.