Jasa kirim barang ke luar negeri saat ini memang telah banyak ditemukan. Hal itu wajar saja. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena kegiatan dalam melakukan pengiriman barang ke negara lain makin marak dilakukan.

Terlebih bagi seorang pengusaha yang ingin melakukan ekspansi produknya atau pun para pengusaha yang ingin mendatangkan produk-produk luar negeri ke Indonesia. Bagi Anda yang berencana dan berniat untuk impor barang dari luar negeri, maka anda perlu menyimak ulasan yang akan dijelaskan di bawah ini. Berikut adalah cara – cara yang perlu anda ketahui, antara lain yaitu :

Bagaimana Cara Impor Barang Dari Luar Negeri ?

 

  1. Tentukan Jenis Barang Serta Negara Asal

Penting disini untuk Anda menentukan jenis barang impor serta asal negara dari barang tersebut. Selain itu Anda juga perlu menghitung biaya bea masuk PPN dan juga PPH. Melakukan pengurusan perizinan impor barang sebelum akhirnya melakukan kegiatan impor tersebut.

  1. Tentukan Cara Penyerahan Barang

Seorang importir disini memiliki tanggung jawab dan juga tugas dalam melakukan pengurusan barang import. Biasanya biaya serta resiko dari barang yang diimpor akan ditanggung oleh pihak importir.

Selanjutnya lakukan pengurusan mengenai pengangkutan biaya bea masuk yang termasuk disini PPH dan PPN. Lalu urus juga barang dari pelabuhan bongkar sehingga mengantar barang tersebut ke alamat importir.

  1. Menentukan Pembayaran

Untuk melakukan pembayaran impor barang ini bisa dilakukan dengan beberapa metode, yang mana metode-metode tersebut antara lain yaitu :

  • Documentary Collection
  • Cash in Advance Payment
  • Documentary CCredit-LCl
  • Mengurus perjanjian impor.

Perjanjian untuk impor itu sendiri dibagi menjadi dua antara lain yaitu perjanjian khusus dan juga perjanjian pokok. Contoh perjanjian pokok itu sendiri terdiri atas angka pengenal impor atau disingkat juga dengan API. Legalitas dari perusahaan seperti PT dan CV serta nomor induk kepabeanan.

  1. Menentukan Jadwal Pengiriman Barang

Hal yang tidak kalah krusial di sini yaitu menentukan jadwal pengiriman. Seorang importir harus paham mengenai berapa lama nantinya barang akan sampai ke penerima. Selain itu juga harus mengetahui berapa lama proses yang dibutuhkan di kantor bea cukai hingga akhirnya barang tersebut sampai di tangan importir.

Jangan sampai ketika barang yang diimpor tersebut sudah diperlukan, namun masih belum tiba oleh karena beberapa hal atau mungkin masih terkendala dengan masalah proses bea cukai. Oleh karena itu sangat penting untuk Anda memilih jasa pengiriman yang benar-benar tepat sehingga mampu mengirimkan paket tepat waktu.

  1. Melakukan Kegiatan Importasi Barang

Aktivitas pengiriman barang yang diberikan pada jasa pengiriman yang telah disepakati. Aktivitas tersebut sangatlah bergantung dari tipe transaksi yang sebelumnya telah dibuat oleh para pembeli dan penjual.

Itulah tadi ulasan mengenai bagaimana cara import barang. Bagi Anda yang merupakan seorang pengusaha, dalam rencana untuk impor barang dari Malaysia maka perlu mengetahui hal-hal yang telah disebut di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.