Nasib nahas dialami seorang kakek bernama Casmadi (63). Ia tewas di dalam sumur setelah berhasil menyelamatkan kambingnya yang terperosok. Peristiwa itu terjadi di Desa Cikeleng, Kecamatan Japara, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jumat (1/10/2021).

Casmadi tewa diduga akibat keracunan gas di dalam sumur. Sebelum masuk ke sumur, dua tetangganya sempat mengingatkan, namun korban bersikeras masuk ke sumur. Casmadi meninggal di dalam sumur saat berusaha mengangkat kambingnya yang terperosok di sumur di Blok Sawah Cengkar, Dusun Pahing.

Sementara kambing yang coba diselamatkan Casmadi malah masih hidup. Eman Lukman (38) sekaligus perangkat desa setempat membenarkan adanya peristiwa yang menimpa warganya. "Iya Pak, ada warga kami masuk sumur dan meninggal dunia. Dari situ, kami sudah lapor Petugas Damkar untuk evakuasinya," ungkap Eman, Jum'at (1/10/2021).

Terpisah Kepala UPT Damkar Kuningan, Khadafi mengatakan, untuk korban berhasil dilakukan evakuasi dan sudah diserahkan terimakan kepada keluarga korban. "Tadi kami lakukan evakusi dan korban sudah diserahterimakan kepada keluarganya," katanya. "Almarhum meninggal dalam sumur, diduga kuat akibat gas beracun dalam sumur hingga korban keracunan," kata Khadafi seraya menambahkan bahwa tindakan evakuasi tadi dilakukan pukul 18.55 wib.

Alan (36) menantu Casmadi lantas menceritakan detik detik mertuanya itu meninggal. Awalnya Casmadi sedang menggembalakan kambing di seputaran wilayah Blok Sawah Cengkar Dusun Pahing desa setempat. Sekitar pukul 17:00 WIB, Casmadi pulang ke rumah untuk meminta bantuan karena kambingnya terperosok.

"Pas Pak Casmadi akan pulang ke rumah, salah satu kambingnya masuk ke dalam sumur dengan kedalaman sekitar 15 Meter. Lalu dari situ, kemudian korban pulang ke rumah meminta bantuan tetangganya," katanya. Lantas, Casmadi dan Alan serta Mang Oon kembali ke lokasi sumur dengan membawa tambang. Setelah itu, Casmadi turun ke sumur menggunakan tambang yang dia ambil dibantu Alan dan Mang Oon.

Alan dan Mang Oon sebenarnya sudah mengingatkan Casmadi untuk mengurungkan niatnya masuk sumur. "Iya, padahal tadi sudah kami ingatkan. Sudah, kambing satu mah biarin saja. Tapi Keukeuh bapak turun ke sumur," ujarnya. Saat masuk ke dasar sumur dan berusaha menyelematkan kambing, Casmadi terlihat lemas.

"Bapak terlihat lemas dan meninggal akibat keracunan dari gas dalam sumur tersebut," katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.